IKSS Bulat Dukung Pit-Matret, Siri Napacce Eja Tompi Nadoang

BINTUNI – Ikatan Keluarga Sulawesi Selatan (IKSS) di Kabupaten Teluk Bintuni, bulat menyatakan dukungannya terhadap Ir. Petrus Kasihiw MT – Matret Kokop SH, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bintuni nomor urut 2, dalam kontestasi pilkada 9 Desember 2020.

Totalitas dukungan terhadap kandidat petahana ini, diwujudkan mulai dari pembangunan posko-posko pemenangan PMK2 Jilid 2 di setiap basis massa suku Bugis Makassar di Teluk Bintuni. Sejumlah posko yang diberi nama Nusantara Bersatu ini, Kamis (29/10/2020) sore hingga malam, diresmikan Petrus Kasihiw.

Momentum yang terasa istimewa, adalah ketika peresmian posko Nusantara Bersatu di Kampung Nelayan Tahiti. Di daerah perkampungan yang dihuni mayoritas warga Sulawesi Selatan ini, Petrus Kasihiw yang merupakan putar asli Bintuni ini, dinobatkan sebagai raja Sulawesi Selatan dengan gelar Daeng Situju.

Sebelum penobatan itu, alumnus UGM ini diberi pakaian adat suku Bugis Makassar, lengkap dengan songkok dan badik, senjata tajam khas Sulawesi Selatan.

“Kepada saudaraku dari Sulawesi Selatan, karena calon bupati kita sekarang sudah memakai pakaian adat Sulawesi Selatan, maka inilah pertaruhan harga diri kita yang harus diperjuangkan. Ketika pakaian adat sudah dilekatkan di badan, maka sudah tidak ada lagi cerita. Orang Makassar bilang, siri napacce eja tompi nadoang,” kata Makka, pengurus IKSS Kabupaten Teluk Bintuni.

Maksud dari bahasa daerah yang memiliki arti ‘Berani Bertanggungjawab Akan Harga Diri, Merah Tetap Merah, Putih Tetap Putih atau Teguh Pendirian’ ini, adalah masyarakat Sulawesi Selatan pantang berkhianat dengan memberikan dukungan dan pilihan kepada kandidat Bupati-Wakil Bupati lainnya.

“Tolong sampaikan kepada seluruh masyarakat Sulawesi Selatan dimanapun tinggal di Teluk Bintuni ini, bahwa kandidat kita sudah memakai pakaian adat. Jadi tidak ada pilihan lain selain kita harus memilih untuk kemenangan PMK2 Jilid 2,” ujar Makka, disambut aplaus ratusan simpatisan Pit-Matret yang hadir.

 

Sumber : teropongnews.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *